Formulir


PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KADERISASI
ORMAS PEMUDA PANCASILA

Srikandi Pemuda Pancasila Harapkan Kapolri Tito Karnivan Tingkatkan Perlindungan Anak dan Remaja

25-07-2016


Jakarta  – Srikandi Pemuda Pancasila mengharapkan Kapolri yang baru Jenderal Pol. Tito Karnivan  memberi perhatian yang khusus kepada upaya perlindungan bagi korban kekerasan terhadap anak dan remaja  yang sering terjadi selama ini.

Srikandi Pemuda Pancasila  juga mengucapkan selamat atas pengangkatan Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

“Kami berharap Pak Tito memprioritaskan agenda perlindungan bagi anak dan remaja yang mengalami kekerasan dalam segala bentuknya,” pinta Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Srikandi Pemuda Pancasila , Hj. Sarimaya, SE di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

“Pak Tito adalah sosok pimpinan polisi muda, cerdas, berilmu. Kami percaya Pak Tito mampu melindungi anak dan remaja Indonesia dari segala kekerasan yang tidak diharapkan,” paparnya.

Menurut dia, persoalan perlindungan anak dan remaja telah menjadi perhatian serius Presiden Jokowi secara serius dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu)  Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.   Perppu ini memperberat sanksi bagi pelaku kejahatan seksual, yakni hukuman mati, penjara seumur hidup, maksimal 20 tahun penjara dan minimal 10 tahun penjara.

Perppu juga mengatur tiga sanksi tambahan, yakni kebiri kimiawi, pengumuman identitas ke publik, serta pemasangan alat deteksi elektronik.

Perppu ini mengubah dua pasal dari UU sebelumnya yakni pasal 81 dan 82, serta menambah satu pasal 81A.

Karena itu, kata Sarimaya, Srikandi Pemuda Pancasila mengharapkan Pak Tito mensosialisasikan Perppu ini mulai ke Kapolda higga ke Kapolres. Pasalnya tidak sedikit jajaran kepolisian  di daerah yang belum memahami soal Perppu ini.

“Kekerasan terhadap anak terjadi sabang sampai Merauke,” paparnya.

Sebagai elemen masyarakat yang peduli upaya pencegahan kekerasan terhadap anak dan remaja, Srikandi Pemuda Pancasila  berharap di bawah Jenderal Tito masalah kekerasan terhadap anak dan remaja ini bisa berkurang secara significan.

“Srikandi Pemuda Pancasila siap menjadi ‘partner’ dalam upaya mensosialisasikan pencegahah kekerasan terhadap perempuan, anak dan remaja,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengangkat Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Badrodin Haiti.

Tito Karnavian dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/7) sekitar pukul 14.00 WIB. (Zulfikri)

sumber : http://www.srikandipp.com/srikandi-pemuda-pancasila-harapkan-kapolri-tito-karnivan-tingkatkan-perlindungan-anak-dan-remaja/